banner 728x250

Ribuan Pemancing Ramaikan Buton Utara Fishing Tournament 2022, Potensial Pecahkan Rekor MURI

  • Bagikan
Sekertaris Daerah Kabupaten Buton Utara, Muhammad Hardhy Muslim. (Istimewa)

LENSASULTRA.COM – Sebanyak 1000 pemancing bakal unjuk kebolehan mengikuti Buton Utara Fishing Tournement 2022, Pelaksanaan kegiatannya dijadwalkan mulai 2 sampai 4 Desember.

Dalam ivent nasional tersebut, dengan memperebutkan total hadiah ratusan juta, plus satu unit mobil dan motor.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Utaa (Butur) Muhammad Hardhy Muslim, mengungkapkan bahwa pendaftar tidak hanya dari Sulawesi Tengara (Sultra) saja, beberapa tim pemancing juga datang dari sejumlah provinsi lain, seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Bali hingga Jawa Timur bakal turut memeriahkan.

“Kita perkirakan ada sekitar 1.000 pemancing. 1 tim rata-rata itu di atas 10 orang,” ungakap Hardhy Muslim, Selasa (22/11/2022).

Jenderal ASN di Daerah Butur itu, mengatakan turnamen mancing kali ini hampir dipastikan akan berlangsung meriah. Sejauh ini, 65 buah kapal yang disiapkan, semua sudah dipesan oleh para pendaftar.

Dengan banyaknya tim yang mendaftar, Hardhy Muslim juga menyebut, turnamen ini berpeluang mendapatkan rekor MURI.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Butur memfasilitasi peserta dengan kapal memenuhi standar ukuran nasional dengan beberapa kelengkapan fasilitas, seperti toilet (kamar mandi), kamar tidur, termasuk peralatan radio dan jaket renang.

Yang menjadi titik pemancingan, dengan radius perairan dimulai dari Tanjung Buton sampai di perbatasan Butur-Buton.

Istimewa

Buton Utara Fishing Tournament 2022 kali ini diinisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Butur. Panitia lomba mancing menyediakan hadiah ratusan juta rupiah. Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis.

Tournament ini memperlombakan dua kategori, yakni sport fishing dan tradisional.

Kategori sport fishing, juara 1 akan mendapatkan hadiah Rp50 juta, juara 2 Rp30 juta dan juara 3 Rp20 juta.

Hasil tangkapan mancing spesies ikan tuna, travelly, grouper, ruby snapper atau kakap, wahoo atau tenggiri, mata bongsang dan escolar atau oil fish, terberat mendapat hadiah Rp5 juta setiap spesies.

Sedangkan untuk, kategori tradisional, hadiah yang disediakan untuk juara 1 Rp10 juta, juara 2 Rp7 juta dan juara Rp5 juta rupiah. Hasil mancing tradisional terberat untuk spesies ikan tuna, travelly, wahoo/tenggiri, grouper dan kakap/ruby snapper diberi hadiah Rp2 juta.

Selain uang tunai, pihaknya juga menyiapkan hadiah satu unit mobil Agya bagi pemancing atau angler kategori modern yang berhasil mendapat tangkapan dengan berat minimal 60 kg per ekor.

Sementara, kategori tradisional yang berhasil mendapat tangkapan dengan berat minimal 56 kg per ekor, bakal mendapatkan hadiah satu buah motor metic.

Buton Utara Fishing Tournament merupakan momentum tepat sekaligus mempromosikan kekayaan bawah laut, destinasi wisata, kuliner, hutan mangrove terluas di Sultra dan cagar budaya di Bumi Lipu Tinadeakono Sara.

“Kegiatan Buton Utara Fishing Tournament mendapatkan dukungan Pemporv Sultra, Pangkalan TNI Angkatan Laut Kendari (Lanal) dan berbagai sponsor,” pinta Hardhy Muslim.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *