banner 728x250

Bupati Butur, Ridwan Zakariah Dianugerahi Gelar ‘Mia Ogena Pomalaa Wuna Isara Barata Kulisusu’ dari Kesultanan Buton

  • Bagikan
Bupati Ridwan Zakariah, dianugerahi gelar Mia Ogena Pomalaa Wuna Isara Barata Kulisusu' dari Kesultanan Buton,

LENSASULTRA.COM – Bupati Kabupaten Buton Utara (Butur), Muhammad Ridwan Zakariah di anugerahi gelar Mia Ogena Pomalaa Wuna Isara Barata Kulisusu’ dari Kesultanan Buton, Kamis (29/12/2022).

Pemberian anugerah teresebut, Ridwan Zakariah dinilai merupakan sosok pemimpin yang memiliki integritas yang tinggi, kreatif, inovatif, optimis dan percaya diri serta memikirkan kesejahteraan masyarakat.

Atas nama pribadi maupun atas nama Pemerintah Kabupaten Butur, Ridwan Zakariah, mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Sultan Buton yang Ke 40 La Ode Muh Izat Manarfa, bersama jajaran perangkat kesultanan Buton, atas pemberian Gelar kehormatan ini.

“Tentunya gelar ini buat saya adalah sebuah kemuliaan, kehormatan, tetapi balik semua itu adalah sebuh beban berat bagi saya untuk memikul kelak gelar ini, tetapi itu sudah konsekuensi dan pilihan serta harus saya lakukan setulus hati sehingga apa yang menjadi harapan kita semua, hendaknya, saya akan lakukan sesuai adat, budaya dan istiadat yang ada di Kabupaten Buton Utara,” ujarnya.

Ridwan Zakariah, mengungkapkan, kebesaran kesultanan Buton tersohor sejak berapa abad silam memiliki relasi hubungan dengan kerajaan atau kesultanan daerah lain seperti Kesultanan Bone, Soppeng, dan Gowa.

Gelar Mia Ogena Pomalaa Wuna Isara Bharata Kulisusu yang dianugerahkan kesultanan Buton memiliki tanggung jawab untuk menjaga marwah, harkat dan martabat kesultanan Buton. Tentunya tidak mungkin diembang sendiri harus didukung seluruh masyarakat Buton Utara terbangun dari “Lipu Tinadeakono Sara” sangat taat dengan budaya.

“Kedepan Buton Utara akan menjadi daerah yang maju, aman dan tentram yang bisa melindungi seluruh masyarakat yang bisa memberi kesejahteraan. Buton Utara akan Berjaya seperti Konawe Utara,” harapnya

Sultan Buton Ke-40, PYM  Muhammad Izat Manarfa, pada tanggal 5 Jumadil Akhir 1444 Hijriah Bupati Buton Utara Dr. Ridwan Zakariah dianugerahi gelar kehormatan adat dan kebudayaan kesultanan buton dengan gelar “Mia  Ogena Pomalaa Wuna Isara Bharata Kulisusu”.

“Kesultanan Buton menilai Bupati Buton Utara Muh. Ridwan Zakariah merupakan sosok seorang pemimpin yang memiliki integritas yang tinggi, kreatif, inovatif, optimis dan percaya diri serta mampu memberi inspirasi memiliki kepedulian semangat dan dedikasi yang tinggi dalam menyelesaikan program kegiatan di wilayah kegiatan barata kulisusu,” ujar Muhammad Izat Manarfa.

Dengan, pemberian gelar tersebut akan semakin memperkokoh dan memperkuat kedudukan peran Bupati Buton Utara untuk menjaga amanah, menjaga marwah dan melestarikan nilai-nilai budaya adat istiadat kesultanan Buton.

“Kesultanan Buton menitip harapan dan pesan kepada Bupati Buton Utara Ridwan Zakariah agar senantiasa menjaga marwah kesultanan buton dan eksistensi  hukum adat dan lembaga adat barata kulisusu dalam rangka melestarikan adat istiadat di Bumi Saraea Bumi Lipu Tinadeakono Sara atau negeri yang didirikan dengan adat dan agama,” ungkapnya. (Ar)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *