banner 728x250

Ratusan Tim Tournament Fishing Buton Utara 2022 Dilepas Menuju Spot Memancing

  • Bagikan
Tournament Fishing Buton Utara 2022 resmi dimulai

LENSASULTRA.COM – Tournament Fishing Buton Utara 2022 atau turnamen mancing yang berskala nasional resmi dimulai.

Terpantau, sebanyak ribuan pemancing kini sudah menuju spot pemancingan masing-masing.

Seremoni pembukaan sekaligus pelepasan peserta lomba, baru saja usai digelar di Desa Malalanda, Kecamatan Kulisusu, Jumat (2/12).

Ribuan peserta memancing unjuk kebolehan mengikuti turnamen fishing 2022.

Tercatat sebanyak 78 tim sport fishing dan 150 tim tradisional bakal unjuk kebolehan dalam lomba berskala nasional tersebut.

Tim pemancing bukan hanya dari lingkup Sulawesi Tenggara (Sultra) saja, mereka datang dari sejumlah provinsi lain, seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Bali hingga Jawa Timur bakal ikut kebolehan dalam memancing.

Pada Kesempatan itu, Bupati Butur, Muhammad Ridwan Zakariah, menuturkan pelaksanaan kegiatan berskala nasional ini dapat berjalan sukses, tentu berkat dukungan dari semua pihak.

“Kita buktikan bahwa, kalau kita bersama pasti bisa. Dan insya Allah ke depan kita akan tingkatkan kelasnya menjadi kelas internasional,” pungkasnya.

Butur Fishing Tournament diselenggarakan Pemkab Butur, dalam rangka menyongsong Hari Nusantara yang akan diperingati pada 13 Desember 2022, yang perayaannya dipusatkan di Kabupaten Wakatobi.

Mayor Jenderal TNI (Purn) Andi Sumangerukka, yang hadir dalam acara pembukaan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut. “Oleh karena itu pada kesempatan ini, sebelum kita melepas, kita berharap bahwa kegiatan ini nanti akan begitu sukses,” ujarnya.

Lomba mancing ini dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari, mulai 2 sampai 4 Desember.

Setelah penutupan, selanjutnya akan dilanjutkan dengan acara “Festival Bakar Ikan Laut Banda” di sepanjang Pantai Desa Malalanda.

“Menu yang dihidangkan, selain ikan yang dibakar dari hasil tangkapan turnamen, juga menu lainnya, yang akan melibatkan pimpinan OPD, instansi vertikal, perbankan dan para camat, kepala desa dan lurah,” kata Sekretaris Daerah Butur, Muhammad Hardhy Muslim.

Panitia lomba mancing menyediakan hadiah ratusan juta rupiah. Pendaftarannya pun tidak dipungut biaya alias gratis.

Tournament ini memperlombakan dua kategori, yakni sport fishing dan tradisional.

Kategori sport fishing, juara 1 akan mendapatkan hadiah Rp50 juta, juara 2 Rp30 juta dan juara 3 Rp20 juta.

Hasil tangkapan mancing spesies ikan tuna, travelly, grouper, ruby snapper atau kakap, wahoo atau tenggiri, mata bongsang dan escolar atau oil fish, terberat mendapat hadiah Rp5 juta setiap spesies.

Sedangkan untuk, kategori tradisional, hadiah yang disediakan untuk juara 1 Rp10 juta, juara 2 Rp7 juta dan juara Rp5 juta rupiah. Hasil mancing tradisional terberat untuk spesies ikan tuna, travelly, wahoo/tenggiri, grouper dan kakap/ruby snapper diberi hadiah Rp2 juta.

Selain uang tunai, pihaknya juga menyiapkan hadiah satu unit mobil Agya bagi pemancing atau angler kategori modern yang berhasil mendapat tangkapan dengan berat minimal 60 kg per ekor.

Sementara, kategori tradisional yang berhasil mendapat tangkapan dengan berat minimal 56 kg per ekor, bakal mendapatkan hadiah satu buah motor metic.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *