banner 728x250

Bupati Butur Raih Penghargaan Duta Literasi dan Inklusi Keuangan dari OJK Sultra

  • Bagikan
Bupati Ridwan Zakariah, raih penghargaan sebagai Duta Inklusi dan Literasi Keuangan (DILAN).

LENSASULTRA.COM – Bupati Buton Utara (Butur), Ridwan Zakariah berhasil meraih penghargaan sebagai Duta Inklusi dan Literasi Keuangan (DILAN) Award Kategori Kepala Daerah Tingkat Provinsi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perwakilan Provinsi Sulawesi tenggara (Sultra).

Penghargaan diserahkan langsung Kepala OJK Provinsi Sultra, Arjaya Dwi Raya kepada Bupati Buton Utara, Ridwan Zakariah. bersama Gubernur Provinsi Sultra dan dan Walikota Kendari, pada penutupan Peringatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) di Lippo Plaza Kendari, Minggu (23/10/2022).

Penghargaan Bulan Inklusi Keuangan 2022

Bupati Butur, dinilai sukses sebagai Tokoh yang Proaktif dalam mendorong terbentuknya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Kepala OJK Sultra Arjaya Dwi Raya di Kendari, mengatakan pihaknya terus mendorong peningkatan inklusi dan literasi keuangan melalui sosialisasi serta edukasi di berbagai kalangan masyarakat.

“Kami terus mendorong peningkatan inklusi dan literasi keuangan seluruh masyarakat, mudah-mudahan target inklusi keuangan 90 persen dan literasi 50 persen di tahun 2024 bisa tercapai,” ungkapnya.

Saat ini inklusi keuangan di Sultra baru mencapai 75,16 persen sedangkan literasi keuangan sebesar 36,75 persen. Oleh karena itu pihaknya terus memaksimalkan berbagai upaya dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

OJK Sultra bersama Bank Indonesia serta industri jasa keuangan dan pemangku kepentingan lainnya menggelar bulan inklusi keuangan (BIK) 2022 di Lippo Plaza sebagai salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kendari.

Kegiatan dengan tema ‘inklusi keuangan meningkat, perekonomian semakin kuat’ diselenggarakan dalam rangka mendukung pencapaian target nasional inklusi dan literasi keuangan sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

Arjaya meminta pemerintah daerah, kementerian dan lembaga serta industri jasa keuangan dan seluruh pihak terkait untuk bersinergi meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di masyarakat.

“Kita butuh kerjasama dengan teman-teman industri dan saat ini juga ada Bank Indonesia dalam memperluas QRIS-nya, kita kerja sama dengan semua otoritas dan juga dari industri jasa keuangan,” kata Arjaya.

Ia menambahkan dalam kegiatan bulan inklusi keuangan diramaikan oleh stan milik berbagai perbankan di antaranya BRI, Mandiri, Perbarindo, BPD Sultra, Bank Muamalat, Bank Syariah Indonesia, BPN syariah, Bank Mega syariah, BTPN syariah, BNI, BTN, Bank BTPN, BCA.

Selain itu, Bak Panin, Mega, Mayapada dan Bank Danamon, OCBCNSP, Bank Permata, Bank Sinarmas, Maybank dan Artagraha termasuk BEI Sultra, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan.

OJK Sultra juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk mengukur seberapa besar literasi keuangan di tingkat pelajar.

Hadir dalam acara penutupan Bulan Inklusi Keuangan 2022, yaitu Gubernur Sultra diwakili Pejabat Sekda Provinsi Sultra, Ketua DPRD Prov.Sultra, Abdulrahman Saleh, Walikota Kendari di wakili Asisten 1 Setda Kota Kendari, Direktur Bank Sultra, dan Lembaga Perbankan Lingkup Provinsi Sultra.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *