banner 728x250

Rakorda Regsosek, Sekda Butur Sebut Basis Data Penting Agar Program Tepat Sasaran

  • Bagikan
Sekda Butur saat memberikan sambutan.

LENSASULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur), mulai melakukan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang merupakan program Badan Pusat Statistik dalam menyiapkan Satu Data Indonesia.

Dengan mengusung tema Mencatat untuk Membangun Negeri, Satu Data, Program Pembagunan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda), resmi dibuka oleh Sekda Butur Muhammad Hardhy Muslim, di Hotel HB Kulisusu, Selasa (20/9/2022).

Regsosek merupakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam mulai dari kondisi demografi perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset dan geospasial.

Program ini juga, salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan satu data Indonesia, hingga tingkat desa/kelurahan.

Sekda Butur, Muhammad Hardhy Muslim mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperbaiki dan melengkapi data sosial ekonomi yang mencakup seluruh penduduk, khususnya di Butur.

Menurutnya, kelengkapan data Regsosek membuka peluang pemanfaatan yang luas, tidak hanya program perlindungan sosial saja, data Regsosek yang lengkap akan mendukung program pemberdayaan ekonomi, penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar, pemerataan akses pendidikan sampai pada kesehatan.

Hardy Muslim mengungkapkan, basis data harus di optimalkan pemanfaatannya dalam setiap perencanaan, sebab program kerja maupun bantuan yang berkaitan langsung dengan masyarakat harus tepat sasaran.

“Kami di pemerintah daerah kabupaten Butur selalu siap mendukung kegiatan pendataan yang dilaksanakan oleh BPS lingkup kabupaten Butur,” ujarnya.

Olehnya itu, Sekda Butur berharap dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh kalangan masyarakat dan instansi terkait untuk dapat menyukseskan pelaksanaan Regsosek.

Saat ditemui, Kepala BPS Butur Musdin, mengatakan untuk waktu pendataan rencananya akan dilaksanakan dari tanggal 15 Oktober sampai dengan 14 November 2022.

“Targetnya itu adalah seluruh penduduk yang ada di Buton Utara, tanpa terkecuali maupun Bupati mau siapa tetap kami datangi,” ujarnya.

Musdin berharap, dukungan kepada seluruh pihak dalam bekerja sama berkolaborasi dan berkonsolidasi demi suksesnya pendataan secara nasional maupun di Kabupaten Buton Utara. Tidak ada satu orangpun yang tidak terdata. No one left behind.

“Untuk itu harapan kami karena data ini akan digunakan pemerintah pusat dan kemudian di turunkan ke Pemda untuk perencanaan,” bebernya.

Ia pun mengungkapkan, pihaknya berkolaborasi pemerintah baik itu di pemerintah pusat maupun di daerah untuk mengumpulkan datanya.

kemudian di Pemda itu menggunakan data untuk perencanaan misalnya pemberian bantuan sosial, sebab ada isu bantuan tidak tepat sasaran, seperti memasukkan orang yang tidak tepat dan mengeluarkan orang yang seharusnya menerima bantuan itu, kedepannya supaya datanya valid dan terupdate,” ungkapnya.

“Untuk petugas kami di lapangan ada 127 orang, terbagi ada pendata lapangan 90 orang, ada 25 orang pengawas di lapangan, ada koordinator setiap kecamatan 1 orang, tetapi untuk di wilayah kecamatan Kulisusu saya simpan 2 orang, karena agak padat, jadi untuk memudahkan itu,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *