Tingkatkan Pendidikan dan Pengawasan Pemilu, JPPR Sultra Dibentuk

Tingkatkan Pendidikan dan Pengawasan Pemilu, JPPR Sultra Dibentuk

Aliansi Tani Sultra Bersatu, Menuntut Penyelesaian Konflik Agraria di Sultra
ADP Klaim Program Pembangunan Periode Ir Asrun – Musadar Sudah Selesai 99 Persen
Virtue Dragon Jadi Salah Satu Penggerak Kemajuan Ekonomi Sultra

 

Lensasultra.com, KENDARI – Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Sulawesi Tenggara (Sultra) telah terbentuk. Pembentukan kembali struktur JPPR tersebut dilakukan agar menjadi mitra Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu).

Oma Irama, selaku Koordinator Wilayah (Korwil) Sultra mengatakan, JPPR telah terbentuk sejak 1999 lalu, namun dalam beberapa tahun terakhir tidak menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik. Sehingga pada tahun ini coba kembali di rekonstriksi kembali struktur kepengurusan mulai dari pusat hingga wilayah.

Oma Irama

“Dulu hingga tahun 2010. Tugasnya, memberikan edukasi kepemiluan dalam masyarakat, pemantauan pelaksanaan pemilu, survey hingga penelitian ilmiah,” ungkapnya.

Dalam komposisi struktur yang terbentuk pada JPPR Sultra nama Oma Irama sebagai koordinator wilayah dan wakil Korwil, La Adi SPd MPd. Manager pemantauan Khabirun SSos MSos. Manager Pendidikan Pemilih Muhammad Indra Koliwora. Manager data dan riset Haidin. Manager media dan informasi Abdul Rajab.

“Dengan komposisi yang telah terbentuk, kami berharap bisa menjalankan tugas dan fungsi dengan baik. Komposisi utama sudah ada sekarang,” ungkapnya.

Dalam bincang-bincang Oma Irama juga sempat menjelaskan sepakterjang JPPR sebelumnya, seperti pada pemilu legislatif tahun 2004, JPPR melakukan kegiatan pendidikan pemilih dan pemantauan pemilu dengan lebih dari 141.000 relawan memantau proses pemungutan suara di TPS.

“Pada pemilu presiden dan wakil presiden yang dilaksanakan secara langsung untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia pada tahun 2004. JPPR menurunkan 100.000 relawan,” ungkapnya.

Oma Irama juga berharap agar JPPR Sultra bahkan nasional yang dipimpin oleh Cak Nanto tersebut, dapat kembali menjalankan fungsinya, hingga partisipasi pemilih Sultra bisa stabil.

 

Penulis : Abdul Rajab Sabarudin

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0