Soal Banjir, Jangan Hanya Salahkan Pemkot Kendari

Sweeping tengah malam menjelang PSU Pilkada Bombana menuai protes
PMII dan Polres Konawe Siap Kerjasama Tangkal Paham Radikal
PMII Sultra Gelar Acara Bukber di Pelataran Tugu UHO

Salah satu lokasi banjir di Kota Kendari. (foto : tim Lensasultra.com)

Lensasultra.com, Kendari – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Ali Akbar, mengimbau kepada masyarakat Kota Kendari agar tidak menyalahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kota Kendari terkait banjir. Ali Akbar meminta agar masyarakat dapat merefleksi dengan lebih rasional dan bijak dalam memberikan simpulan.

“Tidak bisa sepenuhnya kita salahkan Pemkot. Kita sebagai masyarakat harus melihat apa yang menjadi kesalahan dan menjadi penyebab banjir,” ungkapnya, saat ditemui di sela-sela kesibukannya.

Ali Akbar mengakui jika tata kota belum maksimal akibat keterbatasan anggaran. Namun beberapa penyebab lain adalah kesadaran masyarakat yang menjadikan sungai sebagai tempat membuang sampah.

“Saya sudah turun kemarin di bagian HBM. Ternyata rumah-rumah di sana memang dekat dengan sungai. Tempat membuang sampah juga di situ. Jadi aliran air tidak normal dan aliran air meluber ke pemukiman,” ungkapnya.

Lebih dari Ali Akbar atau kerap disapa Iwan Kambara, juga menjelaskan jika letak daerah kota Kendari yang berada di dataran rendah, selalu menerima kiriman air dari dataran tinggi yang notabene sudah berada di luar Kota Kendari.

“Letak geografis juga berpengaruh. Sehebat apa pemerintah kota dalam menata kota. Tapi intensitas air memang tidak bisa ditampung, banjir tidak bisa kita hindari,” tutupnya.(*)

Penulis : Tim Lensasultra.com

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • comment-avatar
    Munawal Akbar 8 months

    mantaplah

  • DISQUS: 0