Proyek Ternak di Mubar Seharusnya Sudah PHO

Menanti Gelar Perkara Kasus Dugaan Asusila Dirut PDAM Muna
Indonesia – Turki Sepakat Tingkatkan Kerjasama Perdagangan
Ini Kasus Korupsi Yang Pernah Membelit Aswad Sulaiman

Laode Agus

Lensasultra.com, KENDARI – Proyek pengadaan bibit ternak di Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2017 seharusnya sudah Profesional Hand Over (PHO). Hal tersebut diungkapkan oleh warga Muna Barat, Laode Agus, yang senantiasa memantau jalannya proyek pengadaan bibit ternak tersebut.

“Seharusnya sudah PHO. Ini sudah bulan Desember. Sudah akhir tahun. Proyek ini tertanggal sejak Januari 2017,” tuturnya.

Dalam proyek bibit ternak dengan pagu anggaran Rp 2,5 miliar tersebut, Agus, belum melihat tanda-tanda serah terima antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan agregator atau distributor tunggal, karena ternak yang diadakan belum sampai kepada masyarakat.

“Apalagi metode pengadaan barang ini e-purchasing, yang notabene telah ada rujukan katalog sebelum memulai pengadaan. Sangat tidak susah. Keuangannya juga sudah masuk dalam pagu. Lalu, masalahnya apa?. Mengapa sampai selama itu?,” jelas pemuda Muna Barat yang terlihat kritis tersebut.

Agus, juga merasa “aneh” dengan jawaban Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Kabupaten Muna Barat, yang memberikan klarifikasi bahwa proyek tersebut sementara perjalan. Menurutnya, terlalu banyak waktu terbuang dan tidak jelas progresnya selama Januari hingga Desember.

“Jadi hati-hati. Jangan sampai pemerintah bermain-main dengan proyek ini. Menjadikan proyek ini sebagai proyek fiktif dan sudah PHO diam-diam. Negara ini negara hukum. Hukum murni tidak pernah melihat jabatan,” tuturnya.

Terkait status PHO atau belum, tim Lensaaultra.com juga perupaya menghubungi PPK proyek tersebut, namun tidak mendapatkan hasil.

Penulis : Abdul Rajab Sabarudin
Editor : Lin

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0