JPPR Sultra Siap Pantau Keterlibatan ASN di Pilgub

Duet Asrun – Hugua di Pilgup Sultra adalah Pasangan Ideal
Jubir Tim : Dukungan Nur Alam Mengalir Untuk Pasangan AMAN
La Ode Songko Optimis Ali Mazi-Lukman Bakal Menangkan Pilgub Sultra

Lensasultra.com, KENDARI – Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Sultra akan terlibat langsung pada pengawasan pemilihan Gubernur Sultra 2018. Salah satu fokus pengawasan yakni, keterlibatan Aparat Sipil Negara (ASN) sebagai alat penggerak politik untuk memenangkan pasangan calon.

Koordinator JPPR Sultra, Oma Irama SPd menegaskan, jika tahun 2018 merupakan tahun politik. Kemungkinan keterlibatan ASN dalam mendukung salah satu figur cukup besar karena beberapa alasan.

“Oleh sebab itu kami bersama jajaran pengurus secara tegas dan siap, untuk memantau jeterlibatan ASN dalam Pilgub nanti,” ungkapnya.

Oma Irama 

Keterlibatan ASN secara terbuka dalam proses politik, sudah jelas dilarang dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil. Ditambah lagi surat edaran Menpan RB terkait Pelaksanaan Netralitas Aparatur Sipil Negara, Nomor B/71/M.SM.00.00/2017. Dalam edaran tersebut ASN harus netral dan tidak berpolitik di saat menggunakan identitas ASN.

“ASN harus patuh dengan ketentuan, syarat dan kewajiban sebagai ASN. Netralitas, independensi dan Keadilan dalam menjalankan tugas pelayanan publik tdk boleh terhambat oleh political interest,” tegasnya.

JPPR Sultra juga akan melakukan tindakan tegas jika ada ASN yang terlibat, berupa laporkan resmi kepada Bawaslu maupun kepada Menpan.

Penulis : Tim lensasultra.com
Editor : Lin

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0